Daftar Isi

Kamis, 27 Oktober 2016

Gak harus mahal

Main sama anak? Harus!
Siapa sih anak yang gak suka main? Apalagi klu mainnya ditemani ayah atau ibunya, hemmm seruuu!!

Lihat saja mimik mereka ketika bermain dengan kita, meskipun bermain tanpa alat atau media bermain, sudah senang apalagi ada media atau alat bermainnya.

Setiap anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan fitrah untuk bermain. Dengan bermain anak akan berexplorasi, melatih rasa percaya dirinya, belajar bersosialisasi, mengasah empati, memuaskan rasa ingin taunya, dan sebagainya.

Bermain adalah suatu pengalaman bagi seorang anak karena dari bermain anak bisa sambil belajar. Belajar apapun, dimanapun, kapanpun, dan dimanapun.

Nonton TV atau bermain games bukan termasuk bermain karena bermain yang sesungguhnya harus melibatkan oranglain dalam permainan itu. Intinya ada interaksi antara anak dengan individu lain baik ayah bundanya atau saudara atau teman- temannya.

Alat bermain tidak harus mahal lho...harga sebuah alat bermain tidak menjamin kebahagiaan seorang anak. Alat bermain yang murah meriah justru kadang membuat anak merasa bahagia. Misalnya sebuah mainan pesawat terbang yang terbuat dari styrofoam yang bentuknyapun sangat sederhana dan harganya hanya duaribu rupiah, atau sebuah mainan parasut dari plastik keresek yang harganya hanya tiga ribu rupiah pernah membuat si kecil Faja putra bungsuku terbahak dan berlarian sampai berekeringat. Dia nampak bahagia dan bermain dengan dua benda itu berjam- jam.

Dari dua alat bermain itu dia jadi tau apa perbedaan ringan dan berat, tinggi dan rendah, kuat dan lemah, mahal dan murah, senang dan tidak senang, dsb.

Yang terpenting bagi seorang anak itu, ada teman yang menemaninya bermain. Anak merasa dihargai, dicintai, disayangi, karena kehadiran orang lain dalam hidupnya, terutama orangtua nya.

Mari sempatkan waktu untuk anak kita walau hanya satu jam saja. Ya hanya satu jam tapi membuat anak kita bahagia. Dengan hati dan pikiran, jiwa dan raga kita ada hadir bersamanya, ada untuknya.

Let's the children laughter

#HomeEducationbasedonAkhlakandTalent
#Institut Ibu Professional
#Alumni Sekolah Perempuan
#Forum Lingkar Pena
#Blogger Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar