Daftar Isi

Rabu, 01 Oktober 2014

Bahagianya Menjadi Ibunda Para Yatim



Awalnya, ketika suami meninggal dunia pada tanggal 01 Maret 2012 lalu, saya begitu tertekan dan sedih, dan pasti semua ibunda para yatim juga mengalami hal yang saya rasakan. Waktu itu seolah langit runtuh, saya tidak tahu apa yang harus saya perbuat untuk lima yatim saya, saya hanya bisa pasrah dan menangis.

Seiring berjalannya waktu, banyak teman dan saudara yang terus-menerus memotifasi  saya untuk tetap tegar dan bangkit kembali meniti hari, menatap esok, mengukir masa depan bersama lima anak saya. Saya tidak boleh terpuruk dan berlarut dalam kesedihan, jika saya tidak bangkit anak-anak nanti bagaimana? Sedangkan usia mereka masihlah sangat muda, si sulung waktu itu baru berusia 13 tahun dan si kecil baru berusia dua bulan, dan yang harus saya tanam dalam hati dan pikiran saya, anak-anak seusia itu adalah peniru ulung, mereka meniru sikap dan perilaku orang dewasa di sekitarnya, maka jika saya terus-terusan bersedih apalagi sampai merutuki nasib, maka merekapun akan demikian, menatap pesimis masa depan mereka. Naudzubillah!

Akhirnya setelah melewati masa paling kritis dalam hidup saya, beberapa bulan setelah suami meninggal, saya bangkit, saya harus menghidupi lima yatim saya, tidak mungkin hidup tergantung pada orang lain terus menerus, saya berdo’a dan berusaha kemudian tawakal. Hasilnya terserah Allah saja. Saya memulai bisnis di rumah, dari jualan beras, jualan pakaian sampai akhirnya sekarang saya fokus jualan sembako dan sayuran di rumah. Perjuangan yang tak mudah memang, apalagi anak-anak semakin bertambah usia dan  memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi, si sulung sekarang sudah duduk di kelas X sebuah SMK Negeri di Pacet Cipanas Cianjur, yang kedua masuk Islamic Boarding School sekarang kelas VIII, yang ketiga kelas VI di SDIT dan keempat masuk Taman Kanak-kanak, sedangkan si kecil masuk usia tiga tahun. Masa-masa yang sulit, secara ekonomi dan pendidikan anak, tapi harus saya lewati dengan sabar dan tidak boleh terlewatkan begitu saja. Karena bagi saya anak adalah ‘investasi’ dunia akhirat, apalagi statusnya sudah yatim, dan jika ikhlas mendidik dan mengasuh mereka balasanya syurga inshaa Allah.
 
Contoh Surat Kematian, Doc Pribadi
Namun ujian selalu datang silih berganti, terkadang anak sakit bergantian, kebutuhan sandang dan pangan juga harus dibagi secara cermat sesuai kebutuhan dan harus adil, yang artinya bukan dibagi secara sama rata namun disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak (proforsional), begitu juga dengan biaya pendidikan anak, walaupun ada yang mendapatkan keringanan biaya dari sekolah, namun tetap saja belum mencukupi.

Kemudian saya mencoba mencari jalan keluar, dan kemudian Yayasan Yatim Mandiri yang diperkenalkan oleh seorang teman, sayapun mengunjungi perwakilan Yatim mandiri di kota Bogor karena di Cianjur belum ada kantor perwakilannya, saya mengajukan bantuan beasiswa untuk lima anak saya terutama yang sudah masuk sekolah, Alhamdulillah respon mereka sangat baik, persyaratannyapun sangat mudah. 

Yayasan Yatim Mandiri adalah yayasan non profit yang konsen menyantuni anak yatim saja, karena menyantuni yatim mempunyai kedudukan yang sangat istimewa seperti yang disabdakan Rasulullah, beliau berkata orang yang menyantuni anak yatim bersama Rasulullah bagaikan dua jari yang bersebelahan di syurga kelak. Mengemban amanah inilah yang membuat Yayasan Yatim Mandiri berkembang begitu pesat, berdiri sejak tahun 2008 yang dulunya bernama YP3IS sampai sekarang. Donasi yang disalurkan melalui Yayasan Yatim Mandiri disalurkan tepat ke sasaran yaitu para yatim dan ibunya supaya mereka bisa mandiri, dengan syarat setiap mustahik harus mencantumkan surat kematian sang ayah dalam formulir pengajuannya. Mengapa hanya khusus untuk anak yatim? Kenapa tidak dengan piatu? Karena anak piatu masih mempunyai bapak yang bertanggung jawab untuk menafkahi dan membiayai anak tersebut dan mengapa tidak untuk dhuafa? Karena tidak bisa mengontrol dana yang disalurkan sebab  istilah dhuafa tidak mempunyai batasan yang jelas antara yang mampu dan tidak mampu.

Program yang digulirkanpun tidak hanya berhenti sampai pemberian beasiswa untuk para yatim saja namun ada juga program lainnya seperti: layanan kesehatan gratis, membangun rumah kemandirian untuk yatim dan dhuafa, bantuan usaha untuk bunda yatim, serta mendirikan kampus MEC (Mandiri Entrepreneur center), menyalurkan hewan kurban yang sudah diolah  dalam bentuk sosis siap makan yang bisa dinikmati kapan saja, serta membuat majalah untuk donatur dan sebagainya.
 
Majalah khusus donatur
Yayasan yatim mandiri sudah mengantongi seritifikat No: 10071 dan penghargaan ISO 9001:2008 serta memperoleh penghargaan dari MURI sebagai pemberi beasiswa terbanyak tahun 2011 dengan total yatim penerima beasiswa sejumlah 17.531 orang, serta jumlah donator 352.863 orang.

Saya sebagai ibunda lima yatim sangat terbantu dengan program beasiswa dan mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Yayasan Yatim Mandiri semoga semua donatur, serta pengurus dari pusat sampai daerah mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT sehingga kelak bersama Rasulullah di syurgaNYA aamiin.

18 komentar:

  1. Subhanallah.. Semoga selalu diberi kekuatan ya, Bu.. Do'a kami dari sini, semoga anak-anak menjadi anak yang sholih/sholihah, sukses dunia akhirat, aamiin... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aammiinn terima kasih do'anya mba Arinta!

      Hapus
  2. Mudah-mudahan bunda para yatim ini selalu diberikan kesabaran dan kemurahan rezeki....aaamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn Om Edi, untuk semua bunda yatim juga!

      Hapus
  3. Semangat y Mbak..Subhanalloh anak2 masih kecil2 ya..yakinlah Alloh Swt tak pernah tidur dan senantiasa bersama hambaNya ..salam kenal dan peluk dari saya :)

    BalasHapus
  4. Subhanallah, jadi teringat ibu saya yang ditinggalkan almarhum bapak di usia 35 tahun. alhamdulillah Allah memang telah mengatur rencana yang saat indah untuk kita. mudah2an Allah melindungi anak-anak mbak Aisha ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba Suci, saya sudah baca kisah ibu mba Suci, maaf belum bisa dipublikasikan ya! aamminn untuk do'anya ya!

      Hapus
  5. alhamdulillah bisa mendapat beasiswa ya, mudah2an bunda dan anak-anak selalu dalam lindungan Allah.

    BalasHapus
  6. terkadang kebahagiaan bukan didapat dari uang :)
    melainkan dari perbuatan baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sekali mas! terima kasih sudah berkkunjung!

      Hapus
  7. Salut banget dengan semangat Ibunda yang satu ini. :)
    Tuhan Maha Pemberi. Murah rezeki ya, Bu. Salam saya buat anak2 Ibu, dan adik2 pantai juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn untuk do'anya mba Idah! terima kasih banyak atas kunjungannya, salam juga buat semuanya!

      Hapus
  8. Ada hikmah di setiap peristiwa. Setiap nikmat adalah rezeki. Meskipun nikmat itu berupa kesedihan. Buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Allah Ta'ala. Demikian juga sebaliknya.

    BalasHapus
  9. Membaca posting ini perasaan saya campur aduk antara rasa haru dan salut yang luar biasa melihat Teteh keluar dari permasalah pribadi yang sungguh berat ini dengan baik.

    Semoga selalu diberi kekuatan olehNya dan semoga rezeki dilimpahkan oleh Allah SWT.

    Salam dari saya di Sukabumi.

    BalasHapus
  10. Sangat menyentuh sekaligus salut pada mbak. Semoga Allah memberi kemudahan pada mbak dan anak-anak. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perhari)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 8 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    Ayok Tunjukkan Skill Anda Sekarang Juga, Hanya Di PesonaQQ.

    BalasHapus