Daftar Isi

Rabu, 01 Maret 2017

Si Item sahabatku

#hari ke 6

#melatih kemandirian

#kulwapbunsayiip

Bismillah,

Habis baca blognya teh Rizka anggota IIP Cianjur tentang kemandiriannya dalam hal mengutak atik mesin cuci yang rusak. Wahh..kerennn…!! Benar2 emak yang mandiri. Jadi teringat mesin cuci di rumah juga rusak pengeringnya tapi saya gak berani utak atik mesin atau alat elektronik sendiri. Dulu waktu di Bandung pernah diajarin almarhum bebeb cara utak atik peralatan rumah tangga ini, dia memang ahlinya mesin dan listrik karena tugasnya memang berurusan dengan mesin dan listrik. Tetep saya gak bisa, saya takut kesetrum dan lain sebagainya. Tapi kalau mesin jahit jadul si item punyaku oke deh, walaupun pakai dinamo listrik saya berani utak atik sejak gadis diajarin sepupu dan Abah saya, plus bebeb juga ngajarin karena si Item memang penting banget buat saya yang suka menjahit.

Si item pernah ngadat seharian, benang atas tidak nyambung dengan benang bawah, hasil jahitan kadang ngambang kadang kusut. Padahal jahitan baju sedang banyak banget. Kesel..maunya sih dilem biru, dilempar beli yang baru, tapi saya tidak punya tabungan. Ya..sabar dulu deh, si Item kudu diutak atik biar jalannya mulus lagi.

Saya japri teman-teman dan saudara saya yang jago menjahit dan suka utak atik mesin jahit sendiri. Jawabannya sama, kalau masalahnya di benang pasti yang ngaco sekoci, palet atau lapisan bawang (tanduknya) posisi ketiganya ada di dalam mesin.

Sayapun mulai meraba-raba, sambil terus japrian di medsos (FB da WA). Teman-teman di group Taylor Indonesia pun banyak yang memberi masukan. Saya tambah semangat untuk memperbaiki sendiri karena mereka bilang gampang kok!

Berbekal obeng dan tang, saya mulai bongkar mesin jahit. Saya lepaskan dari mejanya, kemudian, dibongkar bagian tempat menyimpan sekocinya. Alhamdulillah gak ada masalah, saya pasang lagi. Dicoba lagi, tetep benang masih gak nyambung.

Saya terus bertanya ke teman-teman, terus nyobain sekoci dan palet. Diganti-ganti dan diputar skrupnya, ealaaaahhhhh! Ternyata ukuran palet tidak sesuai dengan sekocinya. Ukuran palet harus lebih pendek dari sekoci. Akhirnya saya singkirkan palet-palet yang ukurannya lebih tinggi. Dan saya jadi tahu, beda merek palet juga beda ukuran. MEKANIK dadakan ini akhirnya tersenyum sendiri. Ada pengalaman dan ilmu baru yang saya dapatkan, Alhamdulillah!

Semangat!!!

5 lembar kain menanti disulap jadi gamis.

3 komentar: