Daftar Isi

Minggu, 08 Desember 2013

Lomba Blog Emak Gaoel


Jadi Smart  Mom?, Harus!!

Banyak orang engga nyangka kalau jadi emak atau ibu itu gampang-gampang susah, atau susah-susah gampang ya! Saya ambil yang gampang-gampang susah deh biar gampang beneran hehehe...!

Ya, seorang ibu itu banyak sekali tantangannya, entah dari dalam keluarganya sendiri maupun dari luar  terlebih masalah pendidikan anak, karena seorang ibu itu harus multi talenta, harus bisa jadi seorang perdana menteri, disamping harus jadi permasuri, harus pintar jadi bendahara selain jadi seorang guru dan teladan bagi anak-anaknya, harus jadi koki handal juga harus jadi dokter keluarga, aahh pokonya mah ribet en musingin deh! 

Tapi eittss, jangan nyerah dulu, jangan gara-gara si kecil demam lantas minta ibu mertua buat gantiin posisi kita sebagai dokter keluarga, atau gara-gara harga cabe naik, lantas minta berhenti jadi bendahara suami, emang mau digantiin ‘bendahara’ lain gitu? Wah jangan deh!. Atau ketika ada masalah dengan PR anak-anak, minta berhenti jadi istri wadeuhh bahaya itu mah, emang gampang cari suami baru? Hahaha!

So, apa yang harus dilakukan seorang ibu buat mengatasi semua problem rumah tangga? Yah segala sesuatu juga ada ilmunya atuh! Makanya jadi ibu or emak itu kudu smart,!

Menurut saya smart iu bukan hasil IPK yang tinggi aja mak! Tapi smart dalam segala bidang, lagipula engga hanya smart kalau lagi dandan mau ke kondangan doank, smart ngatur duit, smart ngatur waktu, smart jaga perasaan suami dan kelurganya, jago masak, bisa mendidik anak dengan baik dan penuh kasih sayang, tidak mudah panikan, bisa ngatur mana yang penting dan engga penting ketika pergi belanja, jangan sampai beli barang yang engga dibutuhkan tapi karena lagi diskon harganya ikut-ikutan tetangga, beli barang hanya karena takut dibilang engga gaul wuihh! Atau ikut-ikutan model baju dan kerudung gaya artis tapi engga cocok dengan wajah dan tubuh kita, alih-alih pengen disebut modis malah kelihatan seperti nenek-nenek yang lagi ngarambet di sawah hihihi. JJ

Ya itulah maknanya smart menurut saya, sstt... selain itu harus melek teknologi juga alias engga gaptek biar engga diketawain anak-anak hehehe J, jiahhh sedih banget ditanya masalah cara kerja ‘words’ saja engga bisa, pernah saya alami ketika anak ada PR TIK dari gurunya, kelimpungan bin celingukan, maklum engga pernah belajar komputer seperti anak-anak, nahh tapi hal ini memacu adrenalinku sebagai emak untuk belajar, belajar dan terus belajar, walaupun makna belajar itu engga harus formal, bisa belajar kapan dan dimana saja, apalagi zaman canggih dan moderen seperti sekarang, tinggal smart bagi waktu aja, pasti bisa!

Apa perasaanmu jika suatu hari mendengar anak-anak memuji masakan kita yang hanya biasa saja namun mereka suka, misalnya sayur sop ayam yang biasa tapi karena masaknya ditambahin taburan makaroni hingga anak-anak suka dan memuji kita, wuihh asyik ya, seneng banget apalagi bapaknya ikut-ikutan muji walaupun rasa sop nya sedikit keasinan hehehe, biasa suami mah engga pernah mau nyakitin hati istrinya jadi ikutan memuji J

Ahh berasa seperti emak yang dah kuliah S3 deh jika suatu hari saya dapat sanjungan gara-gara artikel kecil yang sangat sederhana dimuat di koran, karena memang dibuat khusus untuk anak-anak, satu halaman A4 saja nulisnya juga, dengan tema yang sederhana dan biasa ditemukan di lingkungan keluarga,  “Wahh Mama keren!!” ungkapan tulus dari mulut mereka dan pancaran kebahagian menyinari wajah mereka ketika saya tunjukkin artikel mungil itu di koran PR, kebahagiaan mereka  yang meluap-luap membuat saya semakin terpacu untuk semakin rajin nulis, baik nulis di blog maupun untuk dikirim ke media, padahal saya hanya lulusn D2, saya berasa jadi emak yang smart pisan!

So? Jadi emak juga kudu jadi Smartfrend buat anak-anaknya, masak sih kalo ke orang lain bisa jadi sahabat dekettt banget, sampai curhat-curhatan segala, ehh ke anak kandung sendiri seperti musuh bebuyutan upss atau musuh dalam selimut ya? Tibanan anak mecahin piring doank kok emak kayak singa betina siap menerkam musuh marahnya? Engga segitunya kaleee! 

“Say, kamu kenapa? Ko cemberut sih? Kamu patah hati? Atau keselek biji salak?” heuheu itu mah emaknya keterlauan! Anak cemberut kok nanyanya gitu? Engga juga ding!
“Sayang, bicaralah pada Mama!, Plisss!”
“Kenapa Nak, kamu sakit? Atau...okeh kalau kamu engga mau ngomong biar Mama ngomong sendiri aja ya!” bwahaaahaa, emakk jangan lebay atuh

Pokoke, yang penting mah sebisa-bisa jadi emak smart, gimana kek caranya, biar hidup tetap bahagia, selamat dunia akhirat, aammiinn!! 

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti, HIDUP EMAK INDONESIA!!
WE ARE PROUD TO BE INDONESIAN’S MOMS!

 "Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel"   emakgaoel.blogspot.com 
        

7 komentar:

  1. Emak yang satu ini memang ngeTop
    Semoga sukses mengemba amanah Allah Swt

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaammiinn ya Allah!
      thanks a lot my sweet uncle !

      Hapus
  2. Aku juga pakai tema ini. Udah di draf belum eksekusi. Nunggu foto, eh suami sibuk mulu

    BalasHapus
  3. Ini emak smart ... mau belajar ^_^
    Moga menang ya mbak ...

    BalasHapus
  4. Haloo, Emak Gaoel mampir ngecek-ngecek peserta.
    Terima kasih ya sudah ikut meramaikan Ultah Blog Emak Gaoel.
    Good luck! ^_^

    BalasHapus
  5. wah keren nih thankyou infonya ahhahahaha btw pas corona gini gue jd main game aja cuy di rmh ahahhahah, tp gue lg ke hook banget nih sama ni game www.Econw.co cobain dah cuy seru bet dah jamin ahahhahahah

    BalasHapus