Daftar Isi

Senin, 30 Desember 2013

Mari Tilawah!



Jodoh eh ODOJ!


SENENG RASANYA PUNYA BANYAK TEMAN!
Itu ungkapan saya pada teman-teman dan keluarga besar, setelah punya banyak teman baik di dunia nyata maupun dunia maya, sebagai seorang single ‘dadakan’, ups!! karena saya engga mau jadi single lagi suerr!! Berteman adalah cara saya untuk menghibur diri, supaya engga berlarut-larut dalam kesedihan.

Mencari teman di facebook, twitter, G+, atau  di whatsapp, sudah menjadi hobbi dan kesibukan saya sebagai single dadakan ini, dengan harapan semakin banyak teman yang baik, semakin berarti hidup saya, dan yang terpenting adalah supaya dapat jodoh baru, uhuk uhuukkkk!!

Suatu hari teman-teman sibuk ngobrolin ODOJ di whatsapp, entah apa itu makhluk bernama ODOJ ini, saya  engga ngerti, hanya jadi penyimak saja, akhirnya atas permintaan seorang teman yang semuanya emak-emak di grup nulis admin ODOJ nyemplungin saya ke grup ‘aneh’ itu, awalnya saya hanya duduk di bangku cadangan, bagian nungguin teman yang mau lelang tilawahnya karena halangan, hehehe kayak grup sepak bola aja! 

Eh ya lupa, belum ngenalin grup ODOJ ini kan?
ODOJ adalah singkatan dari ‘One Day One Juz’, artinya semua anggota harus membaca satu juz setiap hari, mau engga mau suka engga suka, kalau keberatan boleh keluar dari grup kok, jika sudah baca edit deh nama kita di grup  , kalau hapenya jadul seperti punya saya, woro-woro aja di grup whatsapp ini untuk minta dieditkan, dan nama kita ditandai dengan done alias sudah selesai baca satu juz hari ini, sesuai dengan tugas, misalnya hari ini tugas saya juz 1, berarti harus baca juz 1 itu, begitu selanjutnya.

Grup ini adalah grup tilawah atau membaca al-Qur’an, dengan anggota minimal 30 orang sesuai jumlah juz dalam al-Qur’an, setiap anggota kebagian untuk membaca satu juz setiap hari, dan kebagian jadi PJ alias penanggung jawab yang meminta atau menyemangati teman untuk tidak lupa membaca juz bagiannya sebelum deadline tiba, dan waktu deadline dirembukkan bersama-sama. 

Anggota grup ODOJ ini sudah lebih dari 40 000 anggota, subhanAllah, bahkan tidak hanya yang berdomisili di Indonesia saja tapi ada juga yang berdomisili di luar negeri, dari mulai artis seperti Teuku Wisnu sampai dari kalangan pelajar dan mahasiswa serta ibu rumah tangga, dari yang pengusaha super sibuk sampai pengusaha super santai seperti saya J ikut menjadi anggota.

Mengapa dan untuk apa ODOJ ini?
Banyak yang bertanya, kan tilawah bisa sendiri?, ya sih bisa cuma biasanya kalau engga berjama’ah malasnya minta ampun, boro-boro sampai satu juz atau lebih, beberapa ayat saja rasanya susah, selalu ada saja alasan yang dibisikkan iblis untuk kita, capek lah,banyak kerjaan lah, malu lah, engga bisa lah, dan sebagainya. Kalau berjamaah dan terkoordinir dengan baik meskipun jarak memisahkan antara satu anggota dengan yang lainnya, tetap tilawah akan semakin semangat.

Manfaatnya, kita akan selalu menjaga wudlu, dan meskipun sedang berhalangan untuk tilawah karena haidh atau nifas, kita bisa membacanya dengan menggunakan al-Qur’an digital di hp atau kompter atau laptop, selain menambah saudara seiman kita akan selalu saling mendoa’kan dan berbagi infromasi tentang islam lebih jauh. Pokoknya full manfaat deh, mungkin saja suatu hari nanti jika umur panjang, karena terbiasa tilawah setiap hari dan tamat setiap bulan sekali, ayat-ayat itu akan kita hafal dengan sendirinya inshaa Allah!

Yuk ah! Malu donk sama orang lain yang super sibuk namun masih sempat tilawah satu juz setiap hari bahkan lebih, mosok kita yang santai engga bisa, dengan apa sisa umur ini kita isi? Mengapa untuk nonton bola, sinetron dan ngerumpi  kita betah dan bisa tahan berjam-jam? Sedangkan membaca ayat-ayat Allah yang telah memberi kita rizki masih enggan dan malas?

Bagi saya pribadi, semakin sering tlawah semakin terkendali emosi,  karena saya tipikal orang yang mudah gampang emosi dan mudah terpengaruh, alhamdulillah setelah mengikuti grup ODOJ ini saya lebih cool n enjoy, engga grasa grusu alias terburu-buru mengambil kesimpulan atau tindakan, lebih dewasa dalam bersikap. Anak-anak juga semakin mudah dikendalikan karena emaknya semakin baik hati dan murah senyum hehehe!

Yaaa yang tadinya nyari jodoh biar ada yang ngomporin supaya tetap semangat hidup ehh ketemu ODOJ!!, malah semakin semangat menggelegar karena selalu ingat mati, kita tidak akan pernah tahu kapan malaikat Izrail menghampiri dan mencabut nyawa kita, yuk bergabung di grup ini! kalau tidak sekarang kapan lagi kita mulai tilawah?

8 komentar:

  1. Langkah yang bagus Jeng
    Jodoh Insya Allah sudah disiapkan
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. kayake pingin juga aku gabung, tapi takut... gimana caranya sih mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Agustina bisa invite mba Tri Nurhidayati di facebook !

      Hapus
  3. alhamdulillaahh brasa bgt manfaat ikutan odoj ya mak :)

    BalasHapus
  4. Kalo haid, tetap enggak boleh tilawadh di aplikasi digital Mbk, tapi ini sih masalah fiqh terserah pilih mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhaa katanya boleh soalnya engga langsung bersentuhan dengan tulisannya mba, tapi aku pilih yang boleh ah biar bisa tetep tilawah!

      Hapus