Daftar Isi

Sabtu, 25 Februari 2017

Abang dan Ade, bisa!

#hari kedua

#melatih kemandirian

#kulwapbunsayiip

Bismillah,

Hari pertama melatih Abang dan Ade untuk bisa mandiri Alhamdulillah berhasil.

Sebelum melatih mereka saya ajak dulu Abang dan Ade bicara ‘empat mata’ biar tidak ada pihak ketiga yang nimbrung atau ngrecokin pembicaraan kami.

Saya mulai dari Abang.

Pulang sekolah tumben-tumbenan Abang mau mengerjakan PR sendiri rupanya dia ada janjian sama teman-temannya mau main di lapang dekat rumah. Ini kesempatan emas saya untuk menemani Abang. Saya hentikan aktifitas menjahit saya.

“Sudah dikerjakan PR nya?” tanya saya seraya duduk di sebelahnya,

“Udah, Ma! Gampang kok!” jawabnya. Buku PR dia masukan lagi ke tas.

“Abang sudah makan siang?”

“Belum! Abang mau makan dulu nanti mau main sama teman-teman”

“Ambil sendiri bisa kan?”

“Gak mau! Mau diambilin Mama!”

“Kan udah besar!”

“Gak mau!” Abang mulai marah,

“Abang sayang Mama?”

“Ya, atuhhhhh ambilin makan…” Abang berteriak

“Bang, Mama lagi sibuk banyak jahitan baju, yang punya bajunya sudah telepon Mama” Abang terdiam

“Mama antar ke dapur tapi Abang ambil sendiri,ok!”

“Ya dehhhh…”

Setelah makan Abang langsung pergi

“Eitttt….Abang piringnya lupa ya?” Abang kembali ke rumah dan menyimpan piringnya di bak cuci. Alhamdulillah….

Sekarang giliran Ade

Si bungsu biasanya suka berteriak minta dicebokin kalau habis pup (bab).

Sebelum terulang lagi saya ajak Ade bicara

“Ade, kenapa ya kalau habis bab suka teriak-teriak panggil Mama?”

“Habisnya Ade gak mau cebok sendiri” ekspresi wajahnya menunjukkan rasa tidak suka

“Kenapa gituhhh?”

“Aku maunya dicebokin Mama”

“Gak malu gitu? Kan sudah besar…” saya dekap Ade.

“Atuh daaa..itu Ma, emmmm.” Ade berpikir dulu

“Ituuuhh tuhhhh airnya suka gak ada di baskomnya”

“Kan ada di ember besar”

“Itu mah kejauhan atuhhh..” memang posisi ember besar atau drum penampung air di rumah kami jauh dari kloset, keran air juga jauh. Jadi sebelum buang air harus mengisi dulu baskom atau ember kecil. Saya tidak suka punya bak mandi permanen karena kamar mandi terasa sempit dan sulit dibersihkan, ukuran kamar mandi saya 4x4 meter. Tapi lebih suka menampung air dengan ember besar karena lebih mudah dibersihkan.

“Mamanya sini coba” Ade menarik tangan saya ke kamar mandi

“Ade maunya disini banyak airnyahhh…” Ade menunjuk baskom kecil

“Oh gitu”

“Ya, kalau airnya banyak Ade bisa cebok sendiri”

Weleh..weleh begitu tho….masalahnyaaaahhhh.

Saya jadi rajin mengecek ketersediaan air di kamar mandi. Jika kosong saya langsung isi sampai penuh dan menyimpannya dekat kloset supaya yang mau menggunakan kamar mandi tidak usah repot atau berteriak seperti Ade.

Alhamdulillah Semoga jadi amal ibadah Aamiin!

Semoga Abang Adepun istikomah Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar