Daftar Isi

Rabu, 22 Februari 2017

#kulwap bunsay IIP. #melatih kemandirian #hari1

#kulwap bunsay IIP

#melatih kemandirian

#tantangan 10 hari

#one week one skill

Bismillah,

Pengalaman mendidik anak, dari 5 anak hanya 2 yang agak sulit untuk mandiri. Abang (7th) dan Ade (5th). Duo unyu ini sering bikin saya sedikit emosi, gimana tidak. Sekedar ambil minum saja berteriak minta tolong.

Alhamdulillah sekarang lebih baik, ada sedikit kemajuan karena mereka minta tolong tidak sambil berteriak lagi, setelah saya coba terapkan ilmu komunikasi produktif, tapi untuk kemandiriannya harus segera dilatih dari sekarang.

Rencana bulan pertama untuk melatih kemandirian duo unyu.

Abang

~ Tidur tanpa dikelonin Mama

~ Merapikan baju Sendiri

~ Mengambil makan atau minum sendiri

~ Menyiapkan alat sekolah sendiri

~ Menyimpan alat makan sendiri

~ Merapikan tempat tidur sendiri

2. Ade

~ Cebok setelah BAB sendiri

~ Menyiapkan alat sekolah sendiri

~ Mengambil makan atau minum sendiri

~ Menyimpan atau mengambil seragam dan sepatu sendiri

Hari pertama ini saya mulai melatih abang untuk mengambil makan atau minum sendiri dan menyimpannya ke tempat cuci piring jika sudah selesai.

Dan Ade dilatih untuk cebok dan menyiram kloset sampai bersih tanpa dibantu.

Saya akan tetap mendampingi prosesnya tapi tidak akan membantu, apapun alasannya. Biasanya saya tidak tegaan dan tidak sabaran. Sekarang harus sebaliknya karena untuk kebaikan dan kemandirian Abang dan Ade.

Saya akan pantau selama 7 hari InsyaAllah

Semoga rencana saya berjalan lancar Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar