Daftar Isi

Rabu, 26 Oktober 2016

Blaarrrr....

Blaaarrr....!!!!

Bagaimana perasaan anda jika semua file dalam komputer anda hilang atau terhapus???
Waduh kalau pun cuma satu file rasanya gimanaaa...gitu! Hati remuk redam seperti habis diputusin pacar! Kalau isi filenya gak penting sih ora opo opo, tapi... Kalau file nya penting????... Rasanya pengen nangis sambil jumpalitan!!...

Ya, beginilah pengalaman emak2 gaptek ini, mudah2an ada hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian.

Saya pertama kali punya komputer tahun 2005, merek T.....a yang jadul banget, dibeliin bebeb buat diajar nulis dan bikin tugas dari dosen. Asyik kutak ketik ketok sambil momong trio unyu yang masih kecil2. Dasar emak2 ceroboh, naruh lappi dimana aja, dan Aa, kaka, teteh, yang masih kecil2 itu belum ngerti pentingnya alat tulis canggih itu buat emak sama babehnya yang lagi pada kuliah. Tangan mungil mereka gerayangan pencat pencet sana sini, dan blaarrr...entah apa yang terjadi si lappi ngadat gak bisa dibuka, babehnya yang baru pulang kerja langsung manyun dan marahin saya emaknya anak-anak, saya hanya pasrah nrimo karena saya tidak parimpen. Nyimpen barang penting gak pada tempatnya. Parahnya semua file gak sempat kami simpan pada flashdisk, kamipun mengulang tugas2 dari kampus di komputer milik kantor suami dan di Warnet.

Eh, alhamdulillah Allah kasih rezeki sebuah lappi baru tahun 2009, ketika saya hamil anak keempat. Merek A...n yang lebih canggih dari lappi pertama. Deuhhh...bahagianya si emak, kebetulan saya lagi kuliah di PGSD dan lagi rame-ramenya jejaring sosial facebook, saya minta ijin bebeb buat bikin akun itu tapi... Oh nooo!!! Sampai nangis bombaypun dia gak ngijinin saya buat Punya akun sosmed itu, okehhh...istri harus nurut sama suami. Dan, saking baiknya bebeb, dia ngalah karena lappi dikuasai saya, dia beli netbook baru. Namun ketika anak-anak sudah mulai ngerti dan diajarkan untuk menggunakan lappi itu tapi malah mulai keranjingan games. Dia jual lagi netbooknya, dan dia sudah mulai sakit-sakitan.

Lappi kenangan itu masih ada sampai sekarang, tapi sudah out of order, nyalainnya harus dengan penuh kesabaran, superr duperr sabarr karena lolaaa banget. Hanya si sulung yang bisa bukanya, si emak gak sabaran ini maunya yang jreeeng!!

Demi kebutuhan tulis menulis, tahun 2012 beli lagi netbook 'gress', anteng dehhh nulis lagi. Sambil 'ngedumay' tentunya karena gak ada lagi yang larang saya untuk punya akun sosmed. Saya belajar buat email, lalu merambah ke akun sosmed facebook, G+, Skype dan blog.
Alhamdulillah dari dumay bisa nambah ilmu karena saya ikut grup nulis, grup blogger, grup bisnis online, serta english and arabic course online.

Ngobrol-ngobrol soal file di netbook, memang belum sebanyak teman-teman lain yang file nya udah ribuan, file saya hanya tiga ratusan. Isinya tentang tulisan2 saya baik yang sudah dikirim ke media maupun yang belum, bahkan yang baru judulpun ada hehehe...

Suatu hari si sulung pulang ke rumah, minjem netbook karena banyak tugas dari sekolah. Oke...saya rela berpisah dengan 'kekasih' baru saya itu. Untuk waktu yang lama kata si sulung.

Tapi.... Adeuh dag dig dug derrr ketika kubuka kembali netbook itu, tampilannya baru jadi window 8. Jari jemari ini serasa kaku ketika menyentuh keyboardnya. Dibimbing si sulung emak gaptek mulai meraba-raba dan belajar window 8. Tapi... Mana file 2ku??. Outline buku2 soloku?, naskah2 yang akan kurapihkan itu? Foto2 kenangan itu? Video2 keren itu? Manaaa...?? Aaaaa? Setengah berteriak aku bertanya pada si sulung yang menatapku tak berdaya. Dia tau emaknya bakal marah besar rupanya, dengan mimik menghiba dia meminta maaf karena semua file2 terhapus ketika netbook diinstall oleh temannya, dan blaaarrrr....!!! Otak ini rasanya mau pecah!

Adeuhhh, cerobohnya si sulung turun dari emaknya. Ya Allah ampuni hambaMu, bener2 lemes badan ini ingat ratusan file2 itu...walaupun ponakan menyarankan untuk melakukan 'panggilan' ulang agar file2 itu bisa kembali tapi..sudahlah kembali aku pasrah!

Nyesel...gak ngikut nasihat para cikgu di grup Sekolah Perempuan untuk menyimpan file di Google Drive supaya bisa dibuka kapan saja walaupun perangkat hilang atau rusak. Saya sempet juga nyimpen sebagian file di flashdisk, eh flashdisk nya yang satu dipinjem si sulung jatuh di jalan gak ketemu katanya, yang satu lagi hilang di rumah karena ada tamu tak diundang, yaa...benda kecil mungil itu kan ada harganya, lumayan dijual lagi masih laku 80rb mah!

Sudahlah, yang lalu biar berlalu. Saya mau buka lembaran baru. Mulai nulis lagi sedikit2 di buku tulis, di file google doc dan menyimpannya di google drive.

Yang penting semangatttt!!!
Semangat gak boleh hilang walau gak punya perangkat canggih.

"Ya Allah, pinjamkan 'tanganMU' agar aku bisa nulis yang lebih bermanfaat untuk orang banyak, aammiin!!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar