Daftar Isi

Kamis, 13 Februari 2014

Hikmah Di Balik Ujian



Gunung Kelud meletus lagi!

Kabar pagi yang menghebohkan seantero Nusantara bahkan dunia, dan konon letusannya mencapai 17 000 km, lebih dahsyat dari letusan terakhir di tahun 1990.

Astagfirullah, semua warga di daerah Jatim tentu panik, bahkan abunya sudah mencapai daerah Jabar.

Ustadz Qosim Lc mengatakan:
“Jika sebuah Gunung meletus, itu artinya malaikat Isrofil (malaikat yang ditgaskan untuk meniup sangkakala di hari kiamat kelak) sedang melirik ke atas Arasy tempat Allah SWT bersemayam, menunggu perintah untuk meniupkan sangkakala sebagai tanda hari kiamat”

Subhanallah, itu baru lirikan, bagaimana kalau bena-benar ditiupkan ya? Tentu lebih dahsyat dan lebih heboh dari kejadian meletusnya gunung Kelud dan Sinabung yang terjadi sekarang ini.

Indonesia sedang berduka dan diberi ujian besar oleh Allah SWT, setelah musibah banjir dimana-mana, kemudian gunung meletus di dua tempat.

Dan menurut info dari PVMBG Provinsi Jatim, gunung Bromopun sudah status siaga 1, Semeru siaga 3, dan dihimbau radius 30km untuk daerah Blitar, Malang, Situbondo, Kediri, Jember, Pasuruan dan Probolinggo untuk antisipasi bencana erupsi terbesar se jatim, Allahu Akbar!

Tuhan Maha Adil, dibalik setiap kejadian atau musibah selalu ada hikmah, saya ingat cerita teman saya orang Tasikmalaya, ketika gunung Galunggung meletus pada tahun 1982, banyak penduduk yang menemukan berlian di balik kumpulan debu yang tebal, subhanallah! Dan biasanya tanah yang terkena abu letusan gunung akan menjadi lebih subur.

Semoga semua saudara kita yang terkena banjir, gunung meletus diberi ketabahan, kesabaran dan mendapatkan hikmah dari semua kejadian ini, kemudian diganti dengan kenikmatan dan rizki yang lebih melimpah dan berkah, aamiinn!

14 komentar:

  1. Ya ...
    Semoga saja bencana cepat berlalu ...
    Semoga semua yang terkena bisa diberikan kesabaran ...

    Jadikan debu tersebut ... pupuk dan media tanam yang bisa menyuburkan tanaman di esok hari

    Salam saya Teh

    (14/2 : 3)

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu, Mbak, ternyata bukan cuma Kelud saja ya yang statusnya, siaga. Masih ada gunung lainnya juga, yang posisinya masih 1 prop. Semoga semua dilindungi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saya juga, tapi maaf hati2 dngan berita hoax yang banyak tersebar di dunia maya, kasihan yang sedang kena musibah nanti semakin panik!

      Hapus
  3. badai pasti berlalu, semoga manusia lebih sabar menghadapi cobaan ini :)

    BalasHapus
  4. Setauku Bromo udh ga aktif lo Mbak, tp mang gunung di sekitar Kelud status awas semua skr, ngeri ya..Moga2 tumpukan debu itu bisa jd pupuk/bnr nyuburin tanah pertanian mereka, spt jnji Allah Stlh kesulitan ada kemudahan.. Semoga semua bencana ini segera berlalu ya Mbak... Amiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur deh kalau sudah engga aktif, semoga cuma berita 'hoax' ya, aammiinn!

      Hapus
  5. Berkunjung mbak.
    Memang saat ini Indonesia sedang dirundung duka dg banyaknya musibah yang berdatangan silih berganti
    Saya yang skrg tinggal di Denpasar merasakan kesedihan saudara2 kita yang tertimpa musibah karena keluarga besar saya di Blitar
    Semoga musibah ini cepat berlalu, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamminn semoga semua diberi ketabahan dan kekuatan ya!

      Hapus
  6. mudah2an yang ditimpa musibah diberi ketabahan ya mbak. kalau benar yang dikatakan ustad Qasim seperti itu, saya juga ikut merinding mbak. btw galunggung masih aktif ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas! aammiin, katanya masih aktif tapi engga seperti dlu sih!

      Hapus
  7. Allah swt memang sering menguji kesabaran manusia dengan kenikmatan dan kesusahan untuk mengetahui kadar keimanan hambaNYAA
    Saya kebagian abu juga
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus