Daftar Isi

Senin, 17 Februari 2014

Naik Becak Yuk!!!



Kalau ada yang nanya saya, apa alat transfortasi darat yang paling kamu suka? Jawaban saya pasti BECAK!

Becak di kota Solo, gambar diambil darihttp://id.wikipedia.org/wiki/Becak


Kenapa sih suka naik Becak?


Banyak alasan kenapa saya suka naik becak, diantaranya:

1.    Ongkos engga terlalu mahal, engga kayak taxi yang bisa nguras kantong J

2.    Bisa duduk dengan leluasa, apalagi jika sendirian dan engga bawa anak atau barang banyak, 

3.    Bisa melihat pemandangan ke kanan dan ke kiri apalagi ke depan, kecuali ke belakang hehehe, kalau ke belakang mah nanti main ciluk ba sama si emang becaknya atuh!!

4.    Bisa diantar ke mana saja, engga tergantung rute bebas bahkan melawan arus lalu lintas juga bisa! kecuali minta diantar ke Puncak, mana ada yang mau Emang becaknya ke sana mah,

5.    Bisa sambil baca buku atau melamun bahkan nundutan (ketiduran), kalau jalannya mulus itu juga, kalau jalannya renjul (berlubang) mah mana tahannn!!

6.    Engga ada yang menatap bin melirik  saya seperti kalau naik angkot atau bis atau kendaraan umum lainnya, jadi bebas ekspresi! Asal jangan ketawa-ketiwi sendirian aja, kecuali kalau sambil chatting on Fb atau WA kadang saya suka ceukeukeuk (ngakak) sendiri,

7.    Bebas polusi, kecuali kalau Bentor alias Becak Bermotor,

8.    Dsb

Becak Betawi jaman Baheula

Tapi ada juga engga enaknya naik becak,

1.  Engga bisa bawa barang banyak seperti naik roda empat, J L

2.  Engga bisa cepet seperti naik motor,

3.  Engga bisa masuk gang sempit seperti sepeda,

4.  Engga bisa terbang seperti pesawat beuhhh ngaco ini mah,

5.  Kadang ongkos suka ketipeng kalau engga bisa nawar,

6.  Suka bau ketek kalau Emang (Abang) becaknya engga mandi seminggu lebih xixixixi,

7.  Emang becaknya yang jutek en pelit kadang bikin kekih atau jika dia ngebut padahal banyak polisi tidur di jalanan, mungkin biar pak polisinya pada bangun ya? Hehehe J

Becak ala Jepang jaman dahulu

By The way, banyak becak yang sudah jadi langganan saya di Cianjur, sejak saya masih SD sampai saya beranak pinak. Si Embah saya manggilnya demikian, sejak saya SD kalau ketemu di jalan suka nyapa:

Néng béca moal?” tanyanya dengan logat jawanya yang kental, terakhir ketemu beliau setahun lalu, dengan rambutnya yang sudah putih semua, namun senyuman khasnya masih seperti dulu ketika saya masih SD, si Embah engga tau kemana sekarang mungkin sudah kembali ke ‘negeri’ asalnya di Jateng atau Jatim.

Dan sekarang apalagi karena saya sering bulak balik ke Pabrik Beras atau ke Pasar, banyak emang-emang becak yang jadi bodyguard saya, soal ongkos tergantung saya ridhonya berapa, adeuhh baik amat ya! Padahal bawa beberapa karung beras kan engga mudah, tapi mereka selalu ‘nawarin’ diri untuk menganggkut beras saya, saya kadang engga tega kalau ngasih sedikit, pasti dilebihin deh kalau bawa beras mah.

Tapi ada juga yang rewel en pelit, cuma bawa bodi saya yang ramping aja ceilehhh ramping atawa kurang gizi makkk?? *pendapat kedua yang benar!!, Minta bayaran ‘selangit’, seharga ongkos kalau saya bawa belanjaan banyak, Duh! Emang engga kasihan sama saya? Single Mom dengan lima anak? (Wewww siape peduli Neng!, Emang juga butuh duit, mana harga sembako melambung tinggi!)

Yang paling berkesan waktu saya ke ‘Jojgakarta’, wuihh senengnya jalan-jalan keliling kota naik becak, kemana-mana dianter, saya makan ditungguin, saya belanja ditungguin, saya sholat ditungguin, sabarrr banget tuh si Embah, abis gitu dia ngajak saya muter-muter keliling Jogja dia tau banget kalau saya bukan orang sana alias Wisdom (Wisatawan Domestik), kelihatan dari tampang dan logat bicara saya mungkin yaaa, padahal saya nginep di Jalan Jogo kariyan, nahh naik becak dari stasiun Tugu, kata orang mah deket, tapi bagi saya mah terasa jauhhh mungkin sengaja si Embah ngajak saya keliling menikmati Kota Gudeg malam-malam, walaupun bayarannya sama dengan naik bis AC Cianjur-Bandung bolak balik hehehe.

Ternyata kata Becak bukan dari bahasa daerah atau bahasa Sansekerta lho, tapi dari bahasa hokkien (tionghoa) yaitu be chia yang artinya kereta kuda, sumber diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Becak , dan becak bukan hanya ada di negera kita saja, tapi juga ada di Jepang (Jaman dulu) tapi sekarang dihilangkan, Belanda dan Jerman namun dengan tampilan yang lebih modern tentunya, juga di negara India, Bangladesh dan Pakistan, tapi bedanya di negara-negara  tersebut pengemudinya ada di depan bukan di belakang seperti di Indonesia.

Dan katanya di Jakarta pernah dilarang pada tahun 1980an, dengan alasan ‘eksploitasi manusia atas manusia’, namun kendaran beroda tiga ini tetap digemari terutama untuk daerah pariwisata seperti Jogja, Pacitan dan Wonogiri. 

Walau bagaimanapun naik becak tetap menyenangkan, sampai ada lagunya segala kan? Terus becak itu tidak menimbulkan polusi kecuali becak yang diberi motor  yang disebut bentor seperti di Sumatera.
Bentor, ada di Sumatera

Hayuk urang naék Becak! (Yuk kita naik Becak!)

16 komentar:

  1. Saya juga suka naek becak mak, tapi bukan becak motor... kalau becak motor rasanya jadi mirip bajaj, pontang panting kita dibuatnya... kalau becak sepeda itu lebih asik, nyantai, bisa lihat pemandangan..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak, kalau naik bentor justru beda sensasinya ya! trims dah mampir!

      Hapus
  2. Di Jakarta susah sekarang untuk naik becak Mba, tapi kalau ke daerah saya sering naik becak. Sambil melepas kangen dan jalan santai gitu.....

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir naik becak di jakarta tahun 90an di perumahan itu juga hehehe, trims dah mampir mas!

      Hapus
  3. Di tempat saya..be chia masih jadi alat transportasi umum utama...karena gak ada angkot :D

    BalasHapus
  4. wah,,becak ni jd transportasi andalan klo pas ujan mba,,trutama bwt jmpt anak dr sekolah,,emang asik bgt klo naik becak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali disini juga walaupun ongkosnya lebih mahal dari angkot ya! trims dah mampir!

      Hapus
  5. Naik becak itu memang tiada duanya ...
    angin semilir semilir gemanaaa gitu ...

    tapi yang jelas saya paling takut kalau naik becak di Surabaya Utara ...
    becaknya nekat-nekat ...
    ngelawan arus pula ... kalo ada mobil dari depan kan kita duluan yang kena ...
    hahaha

    salam saya Teh
    (18/2 : 1)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhhh bener Om, kalau ngelawan arus emang cepet sampe rumah tapi bikin deg-deg plasss sport jantunggg hehehe!

      Hapus
  6. mak aku sama ibu sering naik becak ke pasar tp sekarang makin banyak becak motorr.. aku gak suka naik becak motorr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Cianjur belum ada bentor mak, ya lagipula kalau bentor pasti jalannya lebih cepat dari becaak biasa, takutnya nyenggol kanan kiiri hehehe

      Hapus
  7. Saya kalau ke Jogya juga suka naik becak dari stasiun ke penginapan. Murah-meriah. Melawan arus itu yang menakutkan penumpang
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pak dhe kalau lawan arus memang bikin sport jantung, ayoo ke Jogja lagi!

      Hapus
  8. Anak anak saya paling suka naik becak, biasanya kesekolah pada naik sepeda tapi kalau gerimis ya mereka naik becak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah takut kalau anak2 naik sepeda jalannya rawan disini mah!

      Hapus