Daftar Isi

Rabu, 19 Februari 2014

Mau Punya Pensiunan? Pasti donkk!!



Punya uang pensiun, mau kan? Mau banget!

Tapi kan saya bukan PNS atau Karyawan perusahaan besar?
 
Tenang-tenang engga usah sedih, punya pensiunan bukan hanya untuk PNS atau karyawan perusahaan besar atau BMN saja, punya pensiunan bisa dimiliki siapa saja, kok bisa?

Bisa saja asal kita mau berusaha untuk mendapatkan uang yang halal dan menabung itu saja!

Maksudnya? Nabung di bank kan biasa, tapi saya selalu habis apabila ada kebutuhan mendadak, apalagi jika ada 'big sale' di mall, habis deh tuh ATM juga sampai lecek karena sering digesek J

Bagaimana mungkin punya pensiunan?

Yang saya maksud tabungan pensiunan disini adalah model tabungan yang tidak bisa diambil sampai jangka waktu tertentu seperti deposito, kalau deposito hanya sekali nabung/setor, kalau tabungan pensiunan bisa dicicil kapan saja kita punya uang.

Kebijakan setiap  bank dalam hal tabungan pensiunan ini berbeda-beda, ada yang minimal storannya awalnya  dua ratus ribu ada yang kurang, atau mungkin lebih. Dan setoran selanjutnya ada yang dua puluh lima ribu rupiah paling sedikit, ada juga yang lebih dari itu.

Misalnya kita sekarang berusia empat puluh tahun, kita berharap pada usia enam puluh tahun kita memiliki uang dari tabungan pensiunan meskipun bukan PNS atau karyawan perusahaan, kita bisa membuka rekening tabungan pensiunan seperti DPLK di bank yang membuka program ini.

Misalnya kita membuka dengan setoran awal dua ratus ribu rupiah, dan setiap bulan menyetor lima puluh ribu rupiah dengan waktu dua puluh tahun, maka Inshaa Allah kita akan mempunyai tabungan pensiunan yang diambil ketika kita berusia enam puluh tahun, dan jumlah uang yang akan kita terima  adalah: 200 000 + (50 000 x 240 bulan) = 12 200 000 belum ditambah bunga atau bagi hasil bunga atau bagi hasil dari bank yang bersangkutan, lumayan kan? 

Coba kalau kita tidak mereketkeun (memaksakan diri) untuk menabung, belum tentu kita pas diusia enam puluh tahun punya uang sebesar itu, meskipun anak-anak kita sudah besar dan punya pekerjaan mereka juga kan punya keperluan dan keluarga sendiri nantinya.

Nah, supaya masa tua kita tidak jadi beban buat anak-anak kita, ayo menabung dari sekarang.

Banyak bank yang memberikan penawaran menabung untuk hari tua atau menabung pensiun walaupun kita hanya seorang Ibu Rumah Tangga atau bisnis woman yang hasilnya pas-pasan :D. Kunjungilah bank yang anda percaya dan mintalah keterangan kepada bagian customer service nya, ada juga lho tabungan pensiunan yang terproteksi maksudnya tabungan kita yang dijamin oleh asuransi.

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, dan hemat pangkal kaya, masih ingat peribahasa itu kan? Ayo kita praktekkan!

13 komentar:

  1. Idenya bagus mak..
    Sangat membantu.
    Semoga menarik banyak kalangan untuk mempraktekkannya. :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya mendapat tunjangan pensiun
    Menabung memang perlu, apapun caranya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. sebenarnya kalau cuma menabung itu kurang cukup, sebab bunga bank terhitung kecil, belum lagi memperhitungkan nilai inflasi setiap tahunnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sihh, selain nabung harsnya jga punya bisnis yang oke ya Mas!

      Hapus
  4. Sungguh ...saya berterima kasih sekali dengan institusi yang bernama DPLK *IA dan juga Jamsos*** ...
    Dulu ... selama dua puluh tiga tahun ... gaji saya ... "seolah-olah" di palakin oleh mereka ...
    namun setelah saya keluar dari perusahaan saya setahun yang lalu ...

    Saya harus berterima kasih sama mereka ... sangat berterima kasih ...
    Rumah ... mobil ... bisa langsung saya lunasi ... Alhamdulillah ...

    So ... kalau gaji anda dipotong untuk dana pensiun atau jamsostek atau semacamnya ... jangan marah-marah dulu ... ini untuk kita juga kok ...

    Salam saya Teh

    (18/2 : 13)

    BalasHapus
  5. ada tambahan teh, kalau kita menyimpan dalam bentuk uang maka nilainya tidak akan seimbang dengan harga-harga di masa mendatang. Maka tip dari saya adalah selalu sisihkan gaji itu untuk membeli emas karena hanya emas yang selalu stabil dari masa ke masa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, betul sekali, investasi dalam bentuk emas prosfeknya bagus, dan harga selalu stabil atau investasi dalam bentuk tanah dan bangunan ya!

      Hapus
  6. investasi dalam bentk tanaman aja sob kya tanaman jati kan jg bagus tuh prospeknya :) klo di jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener thh pengennnn!! tapi ga punya modal besar and ga punya lahan gimana donk?

      Hapus
  7. menabung terus biar bisa dapet pensiunan :D

    BalasHapus